Senin, 11 Mei 2009

GWK

Rwa Bhinedha
(Kecak Tektekan Collaboration With Nusantara Dance)

1. Tari Janger Jaipong. Tarian ini merupakan tarian sambutan selamat datang kepada pengunjung yang ditarikan oleh beberpa pasang muda-mudi dengan kolaborasi antara gerakan tari janger dengan tari Jaipong dan diiringi dengan musik gamelan bali.

2. Tari Irian Jaya Tari ini mengisahkan tentang prajurit Irian yang dengan gagah menyambut pengunjung. Tarian ini memadukan gerakan tarian Irian yang lincah dengan iringan musik Okokan dan gamelan Bali.
3. Tari Barong. Tari ini merupakan kolaborasi antara Tari Barong dengan Tari Topeng yang diiringi dengan alat musik Tektekan Kolaborasi.
4. Tari Kecak Ramayana. Tari ini mengisahkan Dharma dan Adharma (Kebaikan dan Keburukan) antara putih dan hitam. Dalam ceritera ini kebaikan diwakili oleh barong dan kejahatan diwakili oleh rangda. Rwa Bhinedha menceriterakan pertempuran Rama sebagai simbol kebaikan dan Rahwana sebagai simbol kejahatan. Rahwana sangat tertarik dengan isteri Prabu Rama yang bernama Dewi Shinta dan ingin memilikinya. Segala daya upaya licik diginakan oleh Rahwana untuk memperdaya Dewi Shinta dan akhirnya Dewi Shinta dapat diculik oleh Rahwana dan dibawa ke Alengka kerajaan Sang Rahwana. Melihat isterinya telah diculik Rahwana maka Sang Rama mengutus Hanoman dengan pasukan keranya untuk menyerbu Alengka Pura. Pertempuran dasyat pun terjadi antara pasukan kera yang dipimpin oleh Hanoman dan Pasukan Raksasa yang dipimpin oleh Megananda. Dengan kesaktian yang berimbang, Megananda berubah menjadi Rangda dan Hanoman berubah menjadi Barong dengan Pasukan Keranya. Pertempuran sengit terjadi tetapi tetap tidak ada yang kalah dan menang.
5. Tari Api. Tari Api ini merupakan kolaborasi dari Tari Kuda Lumping dengan Tari Api Bali yang dikemas dalam bentuk atraksi permainan api dan tarian diatas api yang sedang menyala oleh penari yang sedang kerasukan.
Sumber : GWK Cultural Park Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan Badung 80364, PO Box 139 Nusa Dua, Bali. Email : info@gwk-culturalpark.com; www.gwk-culturalpark.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana?